Cara Pasang Marmer Dinding (Step by Step)

Mengaplikasikan batu marmer pada sebuah bangunan tentu merupakan hal yang biasa, namun setelah melihat hasil yang didapatkan akan menjadi hal yang luar biasa. Untuk cara pasang marmer dinding terbilang susah-susah gampang. Bila tidak telaten, sebaiknya anda menggunakan jasa ahli untuk pemasangan marmer.

Manfaat Batu Marmer

Sebelum membahas pemasangan marmer, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu manfaat dari batu marmer. Berikut beberapa manfaat yang akan anda dapatkan dengan pengaplikasian batu marmer pada bangunan anda.

  1. Tahan Lama

Batu marmer memiliki keawetan yang dapat bertahan lama karena jenis batu ini daat menopang beban seberat apapun. Namun, jangan lupa untuk melapisi lantai dengan pelindung agar lantai tidak mudah tergores.

  1. Tahan Api

Batu alam yang satu ini juga memiliki kelebihan yakni kebal terhadap api.  Jadi jenis batu ini dapat meminimalkan resiko terjadinya kebakaran.

  1. Tampilan Mewah

Dengan mengaplikasikan batu marmer untuk bangunan maka tampilan mewah akan terpancar dari luar. Meskipun rumah tersebut minimalis, namun jika mengaplikasikan batu marmer tentu rumah akan terkesan lebih mewah.

Pemasangan Marmer

Bila anda belum telaten untuk melakukan pemasangan marmer, sebaiknya gunakan jasa ahli yang telah berpengalaman dibidangnya. Atau anda dapat mencari referensi lain, bila perlu anda dapat menerapkan cara pasang marmer dinding berikut:

  • Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan seperti paku beton, benang dan meteran.
  • Ukur dinding yang ingin dipasang marmer dan dibagi menjadi dua bagian pada bagian dalam dan ambil bagian tengah lalu tancapkan paku pada bagian tengah sebagai penanda.
  • Sebelum memasang marmer, ukurlah kembali tinggi dinding agar dapat mengetahui batas paling atas dari dinding tersebut.
  • Buatlah adonan semen, pasir, dan air untuk merekatkan marmer pada dinding dan sambil menunggu adonan semen, anda dapat merendam marmer agar material tersebut lebi mudah untuk menempel pada dinding.
  • Bila adonan telah siap, anda dapat memulai pemasangan dinding yakni letakkan adonan pada bagian bawah marmer dan ratakan.
  • Lalu setelah adonan telah menempel rata, anda dapat menempelkan marmer pada dinding, jangan lupa untuk menggunakan benang agar marmer dapat tertata rapi.
  • Pukul perlahan marmer dengan bagian belakang pegangan palu, hal ini agar marmer dapat menempel pada dinding dengan benar. Untuk menghindari agar marmer yang dipasang dijatuh, sebaiknya gunakan paku untuk penyangga pada dinding.
  • Setelah dirasa marmer telah menempel sempurna dan mengering, maka anda dapat membersihkan noda pada marmer menggunakan spon atau kain lap lembut dengan cara mengikuti pola urat marmer agar tidak menggores batu alam tersebut.

Perawatan Marmer

Mengaplikasikan batu marmer pada rumah anda tentu akan menambah kesan mewah pada tampilan rumah. Namun, perlu anda tahu bahwa perawatan pada material marmer tak mudah. Bila dirasa lantai marmer terkena noda, sebaiknya segera bersihkan dengan kain lap lembut dengan mengikuti pola urat marmer.

Bila anda ingin mengeringkan lantai marmer yang basah, sebaiknya gunakan kain mikrofiber agar lebih aman untuk material marmer.

Sebaiknya, material marmer diberi lapisan pelindung terlebih dahulu sehingga mengurangi resiko kerusakan fatal.

Namun, bila dirasa cara diatas tak bekerja dengan maksimal, anda dapat menggunakan jasa ahli dibidang marmer untuk melakukan perawatan khusus pada material yang mengalami kerusakan fatal.

Itulah ulasan singkat mengenai cara pasang marmer dinding, semoga artikel diatas dapat menjadi referensi bagi anda.

 

 

Leave a Reply